Rabu, 19 Februari 2014

Resensi Buku


MUDAHNYA MENJADI PEMAIN BIOLA HANDAL
 
Judul buku: Jurus Andalan Teknik Cepat Jago Main Biola.          
Pengarang: Dewa Sakhera
Penerbit: Kunci Komunikasi
Tahun Terbit: 2013
Tebal Buku: 96 halaman
Nomor ISBN: 978-602-7751-87-8
Biola termasuk salah satu jenis dari kelompok Violin, yang terdiri dari biola kecil, biola menengah, biola besar, dan biola bass. Biola dimainkan dengan cara digesek, pada umumnya disebut alat musik gesek.  Biola dengan pegangan vertikal adalah cara penyajian awal dari alat musik gesek. Biola muncul pada abad ke 16 (sekitar tahun 1520) di Italia Utara. Lambat laun biola mengarah ke bentuk modern sekarang ini, pembuatannya halus, proses/teknologi disainnya sesuai dengan teknologi dan prinsip estetika. Terlebih lagi suaranya yang indah dan nyaring, kuat serta lincah menonjolkan cirri alat musik zaman sekarang.
Seiring dengan perkembangan zaman, perubahan biola telah muncul beberapa bentuk dari berbagai negara seperti Rebab, Ravanastron (India Kuno), Rebeca (Spanyol), Gadulka (Eropa Timur), Huqin (Tiongkok), Morinchur (Mongolia), dan Violin (Amerika dan Inggris). Volume biola agak besar, suaranya brilian dan indah, bisa dimainkan antara level kuat dan lemah, maka itu lebih sesuai dengan forum yang luas, seperti gedung pertemuan dan ballroom hotel dan lain sebagainya. Jelas biola lebih disukai oleh dunia, dan diminati oleh banyak orang untuk bisa memainkannya.  Sebagian orang berpendapat bahwa menjadi pemain biola itu sulit. Sebenarnya tidak sulit, jika kita ingin mempelajarinya secara bertahap. Pemain biola hebat sekalipun ia pasti bermula dari berlatih.
Buku ini mengajak pembaca untuk mengenal biola serta tahapan-tahapan bermain biola. Buku ini sangatlah membantu sekali, untuk pemula atau baru awam yang akan belajar biola. Dalam buku ini penulis menguraikan beberapa hal bermain biola yang benar dan baik seperti, latihan dasar belajar biola, teknik dasar bermain biola, serta tips mencadi violinist handal. Semuanya dibahas tuntas dalam sepuluh bab.
Buku ini disertai gambar-gambar yang dapat membantu memperjelas uraian. Jadi, pembaca dapat mudah memahami dan mengerti uraian tersebut. Dengan tata bahasa yang mengalir dan popular, penulis mampu menjelaskan berbagai hal dengan jelas. Selain itu, buku ini bukan hanya sekedar menjelaskan teknik atau metode dalam bermain biola, melainkan buku ini juga menjelaskan tentang asal-usul biola, macam-macam biola dan jenisnya, jenis aliran musik, cara merawat biola, dan perbedaan Biola, Viola, Cello, dan Contrabass. Selain itu pula, buku ini memberikan bonus video CD yang berisi pengenalan kunci-kunci, cara menstem biola, bagian-bagian biola, belajar irama dan nada, serta tips dan trick biola.
Sayangnya, buku yang berisi delapan bab ini tersusun tidak secara runtut sehingga pembaca sedikit kebingungan. Kemudian, buku ini tidak dilengkapi biografi penulis sehingga pembaca tidak bisa mengetahui identitas penulis secara lengkap dan latar belakang pembuatan buku ini. Selain itu ada juga beberapa kata-kata yang bahasanya terdengar asing bagi kita, juga ejaan yang kurang tepat. Terkadang juga, pembaca ingin berlatih dengan aliran musik seperti jazz dan klasik, hanya saja dalam buku ini tidak terdapat contoh lagu beserta not baloknya.
Maka sebaiknya buku ini lebih diperbaiki lagi dengan meruntutkan bab dengan baik serta ejaan, memberikan identitas penulis, dan menambahkan contoh lagu-lagu dari aliram musik beserta not balok agar pembaca dapat berlatih dengan lagu tersebut.
Terlepas dari kekurangan yang ada, buku ini layak untuk dibaca karena isinya sangat membantu dalam belajar bermain biola yang baik dan benar. Selain itu, dengan membaca buku ini Anda dapat dengan mudah menjadi pemain biola yang handal untuk memajukan violinist di negara kita. Jadi, sekarang anda tidak mempunyai alasan untuk tidak membeli dan membaca buku ini, karena buku ini adalah panduan belajar jika anda ingin menjadi pemain biola yang handal.
by: Z.A.R.
 

0 comments:

Posting Komentar